Selasa, 14 Juni 2011

MAHASISWA


apa sih yang kalian pikirkan tentang dunia kampus? sudah tau kah kalian apa saja yang akan kalian hadapi? ingin tau semuanya dan mempersiapkanya? ayo liat disini.
       Selamat datang di dunia kampus teman-teman mahasiswa baru, siap mengetahui kehidupan kampus? Ayo kita bahas. Dunia kampus merupakan dunia yang berbeda dengan dengan dunia sekolah atau SMA, penuh perjuangan dan ketidak pastian disini. Perjuangan pun dari awal sampai akhir dan saking berjuangnya di kehidupan kampus tidak terasa 3 sampai 4 tahun kalian lulus kembali sebagai sarjana. Perjuangan apa saja yang akan kalian hadapi? Cekidot:       
  •          Pendaftaran mahasiswa baru
Pendaftaran mahasiswa baru terkenal penuh perjuangan karena setelah diterima dan libur panjang kita dihadapkan oleh pendaftaran online maupun tidak online yang panjang dan ribet. Kalau pendaftaran online mungkin seribet-ribetnya masih bisa nyantai tapi yang tidak online? Itu panjang, rame dan ribet dan kalian bakal sering marathon dan keesokan hari nanti mungkin ada diantara kalian yang menjadi pelari marathon nasional karena kebiasaan berlari ini.
Tips:
·         Daftar ketika pendaftaran mulai dibuka
·         Jangan daftar mepet-mepet penutupan karena bakal ramai dan kalian akan panic
·        Siapkan semua bahan-bahan pendaftaran terutama bagi yang dari luar kota, pokoknya teliti dan detail
 ·         Bawa minum atau bekal sebagai energy untuk mengantri lebih kuat pas ramai
2.        
  •      Ospek mahasiswa baru
Nah ini dia kegiatan awal kalian dikampus, masih bau putih abu-abu harus diajari sebagai mahasiswa yang siap menghadapi apapun. Kalian akan siap-siap mendapatkan tugas banyak biasa tugasnya menggunakan sintem kebut semalam. Dan kalian harus bisa menyelesaikan semuanya kalau tidak kalian akan mendapat hukuman.
Tips:
·         Jangan melakukan kesalahan dari baju atau hal kecil sampai yang besar
·         Cek tugas dan barang yang dibawa ke kampus harus lengkap, lakukan cek 2 kali jangan sampai ada yang terlupa terutama obat-obatan
·         Usahakan sarapan sebelum berangkat minimal minum susu
·         Konsumsi vitamin merupakan hal yang perlu karena rawan sakit
  •   Ospek jurusan mahasiswa baru
Ospek yang kedua setelah kalian masuk kampus yaitu ospek jurusan tapi tenang ospek ini tidak seribet ospek mahasiswa baru. Osjur ini lebih mengenalkan kalian kepada jurusan dan lebih seru dan meyenangkan. Jadi jangan pada takut dan tegang :)

  •    Kuliah
Udah daftar terus ospek yang berikutnya yaitu yang utama merupakan kuliah. Kalian akan dihadapkan oleh dosen killer dan santai, menggemaskan dan mengenaskan. Jadi siap-siap dengan apa yang mereka lakukan, nilaimu ditangan mereka.
Tips:
·         Untuk kuliah teori lebih banyak presentasi dan berkelompok
·         Untuk kuliah hitungan atau praktek lebih sedikit presentasi dan latihan
·         Untuk dosen killer atau kuliah yang berat siap-siap menjadi mahasiswa yang baik dan pendengar yang baik
  •        Tugas
Tugas merupakan oleh-oleh yang paling sering dikasih dosen. Jadi sebisa mungkin mengerti kuliah dan tugas akan terselesaikan dengan cepat.
Tips:
·         Ketika mendapatkan tugas langsung kerjakan
·         Jangan mepet-mepet mengerjakan tugas karena berpengaruh pada sistem kebut semalam dan pengaruh tidur kalian

  • Quis
Yang satu ini suka bikin hati cenat-cenut. Kalo dikasih kabar quis masih bisa siapin kalo engga? Pasti udah penuh tatapan kosong.
Tips:
·         Sebisa mungkin mengikuti kuliah dengan baik sehingga diberitahu atau tidak kalian siap
·         Belajar setiap hari

  •  Uts
Ini ujian tapi tidak terlalu dibuat panic oleh mahasiswa, karena materi yang diberikan masih dasar dan awal-awal tapi tetap harus belajar karena ini merupakan nilai.

  • Uas
Ini ujian akhir yang biking ga,ga,ga,ga kuat para mahasiswa. Materi yang diberikan adalah materi lanjutan yang bisa dikatakan sulit, dan penentu nilai akhir kalian.
Tips:
·         Belajar giat
·         Masa tenang ujian digunakan sebaik mungkin

  •  IP
Kuliah sip dan ujian lancer, pasti nilai bagus dan IP pun cumlaude. Apa sih yang dimaksud dengan cumlaude? Yaitu lulus dengan nilai 3,51 keatas, jadi semangat buat meraih cumlaude ya.

  • SP
Nah bagi kalian yang mungkin gagal di materi yang sulit mendapat nilai C atau D, biasanya setelah UAS diberikan kesempatan mengambil SP yaitu semester pendek selama sebulan ini sama dengan remedial kalau di SMA dulu.

  • Skripsi
Ini merupakan ujian akhir di kuliah yaitu membuat skripsi seperti karya ilmiah tapi merupakan analisis kita sendiri terhadap suatu teori atau membuat metode baru berdasarkan teori ini biasanya juga dibantu dengan MAGANG untuk mengumpulkan teori dan membandingkanya untuk keperluan dan kesempurnaan skripsi. Dan kalian akan dibimbing oleh dosen pembimbing.
12.    
  • Comprehensif
Ini ujian puncak kalau kalian ingin mendapatkan TOGA dan gelar sarjana, yaitu kalian akan mempertanggung jawabkan hasil skripsi kalian ke juri yang sudah ditentukan untuk membahas skripsi kalian. Disini kalian akan mempresentasikan skripsi kalian jadi berusaha yang keras ya.
13.    
  • DO
Nah gini deh kalau kuliah ga bener, jarang masuk, pasrah pula. Bisa-bisa kalian dapet surat cinta dari rektorat di DO alias Drop Out, jadi kalian siap-siap out dari kampus.
14.    
  • Wisuda
Ini nih yang ditunggu kalian dan orang tua kalian yaitu kelulusan, bikin bangga orang tua. Namnya dipanggil dan lulus dengan cumlaude sangat luar biasa. Ayo semnagat untuk mendapatkan hal tersebut.
Jadi teman-teman udah tau kana pa saja yang akan dihadapi jadi persiapkan diri kalian ya :)
keterangan buat yang warna merah merupaka hal yang harus temen-temen waspadai, yang biru santai tapi tetap semangat, dan yang hijau hasil dari semua yang biru dan merah, semangat ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar